Perempuan dalam Genggaman Teks (Telaah atas Pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid dalam Dawa'rul Khauf
Abstract
Tulisan ini ingin mengkaji pemikiran Nasher Hamid Abu Zaid tentang pembelaan terhadap hak perempuan yang terangkum dalam kitab Dawa’ir al khauf: qira’ah fil khitab al mar’ah (lingkaran ketakutan: pembacaan atas wacana perempuan). Menurutnya perempuan masih dalam belenggu teks teks fiqh yang kerap memandang perempuan secara deskriminatif. Posisi perempuan didunia domestik lebih berharga dan utama daripada pengembangan kreatifitas berpikir sebagaimana ditunjukkan oleh putusan cerai yang dijatuhkan oleh hakim agama terhadap seorang dosen perempuan yang menolak untuk hamil. Berawal dari kegelisahan akademik inilah Abu Zaid membangun model pembacaan kontekstual dengan merujuk pada pelacakan akar teks. Artinya, keberadaan teks bukanlah suatu misteri melainkan ada alur cerita yang berupa realita. Melalui pembacaan kontekstual, Abu Zaid membaca dua fenomena perempuan yang terdiri dari poligami dan hak waris. Menurutnya, bahwa perintah poligami bukan problem tasyri’ yang bersifat selamanya, melainkan bersifat temporal sesuai dengan konteks tertentu. Begitu juga hak waris, Pertama, alqur’an memerintahkan bersedekah pada kerabat, anak yatim dan orang miskin yang tidak mendapat warisan. Kedua, alqur’an berpesan bahwa hubungan kekeluargaan, kesukuan bukanlah relasi kemanusiaan yang utama sebagaimana telah dilakukan pada masa pra islam. dua konsep dasar inilah yang dijadikan landasan untuk memuliyakan perempuan dalam problem hak waris.
References
Ameer Ali, Syed , The spirit of Islam, terj, Yogyakarta, Navila, 2008
Bin husen bin thahir, Abdullah, sullam taufiq, terj,Surabaya, TB Imam, 2008, hal.66
De bevoair, semone , second sex fakta dan mitos, terj, Surabaya, Pustaka Promethea, 2003.
Fairclough, Norman , language and power, relasi bahsa, kekuasaan dan ideologi, Malang,Boyan, 2003
Hamid Abu Zaid, Nashr dawa’ir al khauf: qira’ah fil khitab al mar’ah, Bairut: Dar al Baidha, cet.III 2004
.................. kritik wacana agama, Yogyakarta, LKIS, 2004
.................. otoritas kebenaran teks, Yogyakarta, LKIS 2003
.................. Imam syafi’i: moderatisme, eklektisisime, arabisme, Yogyakarta, LKIS,1997.
Harb, Ali, Kritik Nalar Alqur’an, Yogyakarta, LKIS.2003
Mernissi, Fatimah, wanita dalam islam, bandung, Pustaka, 1994.
Powers, David S.peralihan kekayaan, politik kekuasaan: kritik historis hukum waris, Yogyakarta, LKIS,2001
Umar, Nasaruddin, Argumen kesetaraan gender perspektif al qur’an,Jakarta, Paramadina,2001
Wadud, Aminah ,qur’an and woman,New York, oxford univesity,1999
Wijaya, Aksin ,menggugat otentisitas al qur’an: kritik atas nalar tafsir gender, Yogyakarta, Safiria insania Press, 2004.
Copyright (c) 2024 At-Turost : Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
Most read articles by the same author(s)
- Ahmad Nur, Hermeneutika Tubuh (Studi Kritis Atas Tayangan Kecantikan Putri Indonesia) , At-Turost : Journal of Islamic Studies: Vol 6 No 2 (2019): Agustus 2019
- Ahmad Nur, Muhammad Taufiq, KOMUNIKASI POLITIK TEO-ANTROPOSENTRIS , At-Turost : Journal of Islamic Studies: Vol 8 No 2 (2021): Agustus 2021
- Ahmad Nur, Muhammad Taufiq, Ramadhan dalam Pelukan Media (TV) , At-Turost : Journal of Islamic Studies: Vol 10 No 01 (2023): Februari 2023
- Achmad Nur, Muhammad Taufiq, MCDONALDIZATION OF RELIGION THE RESISTANCE OF STUDENTS IN THE DIGITAL ERA , At-Turost : Journal of Islamic Studies: Vol 10 No 2 (2023): Agustus 2023