Pelaksanaan Full Day School dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi kasus di SMA Negri 1 Panji)

  • Agus Nu'nam STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyelenggaraan belajar sehari penuh (full day school), dalam program ini tidak hanya memberi pengetahuan saja tetapi juga memberikan pendalaman tentang agama sebagai media pembentukan akhlak .Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah siswa yang mengikuti full day school di SMA Negeri 1 Panji. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan full day school di SMA Negeri 1 Panji dalam membentuk akhlak siswa dilakukan melalui metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pemberian nasehat, metode pendampingan, metode appersepsi, metode keagamaan, serta metode pendekatan alam. Dengan adanya Full day school dapat memudahkan guru untuk memantau langsung kegiatan siswa selama satu hari. Dan hal tersebut dapat berdampak terhadap pembentukan akhlak siswa, terutama di bidang keagamaan. Selain keunggulan dan keistimewaan Full day scholl ada juga kelemahan yang harus di carikan solusinya. Kelemahan terbesar ada pada waktu sosialisasi anak dan kebebasan anak sangat minim. Hal tersebut membuat anak malas berinteraksi dengan lingkungannya.

References

Abdullah, M. Y. (2006) Studi Akhlak Dalam Persepktif Al Quran. Jakarta: Amzah.

Aly, H. N. (1999) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Anwar, R. (2010) Akhlak Tasawuf. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Arikunto, S. (1991) Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka

Cipta.

Baharuddin. (2010) Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2010

Gazalba, S. (1973) Sistematika Filsafat (Pengantar Teori Nilai). Jakarta: Bulan

Bintang.

Halim Mahmud, A.A. (2004) Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Hamalik, O. (2008) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hasanuddin, Z AR. (2004) Pengantar Ilmu Akhlak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ma’mur, A. J. (2017) Full Day School Konsep Manajemen & Qualti Control.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nata, A. (2013). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syukur, A. (1987) Kumpulan Makalah “Study Implementasi Latar Belakang Konsep

Pendekatan dan Relevansinya Dalam Pembangunan”. Persadi: Ujung Pandang. Usman, N. (2002) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada

Ya’qub, (1993) Hamzah. Etika Islam. Bandung: Diponegoro.

Published
2020-11-29
How to Cite
Nu’nam, A. (2020). Pelaksanaan Full Day School dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi kasus di SMA Negri 1 Panji). At-Turost : Journal of Islamic Studies, 6(2), 222-232. https://doi.org/10.52491/at.v6i2.49
Section
Articles